2 Pesawat Tempur Perancis Masih Bertahan di Aceh

0
70

Aceh, NAWACITA – Empat pesawat tempur jenis Rafale sebelumnya Hari sabtu malam (18/5) itu sudah terlebih dahulu kembali ke kapal induk Charles De Gaule sebagai lokasi base pesawat yang posisinya berada di 100 Nm barat Sumatera.

Satu unit pesawat tempur milik Angkatan Laut Perancis jenis Rafale, Minggu (19/5) melakukan Take-Off di Landasan Udara (Lanud) TNI AU Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar.

Kini di Lanud SIM tinggal dua pesawat lagi, karena terkendala kerusakan pada bagian mesin, keduanya masih menunggu teknisi yang didatangkan dari kapal induk.

Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos mengatakan, Pesawat tempur bernomor 42 ini sudah menuntaskan pemeriksaan technical check terhadap kondisi pesawat dan dokumen sehingga diizinkan kembali ke pangkalannya.

“Seluruh administrasi yang kita minta telah mereka penuhi,” ujarnya.

Sebutnya dua lainnya belum kembali karena masih ada kerusakan disalah satu pesawat dan masih menunggu teknisi yang didatangkan dari kapal induk.

“Yang dua lagi masih ada trouble dan perlu dilakukan pengecekan disalah satu pesawatnya,” lanjut Hendro.

7 pesawat tempur milik Angkatan Laut Perancis jenis Rafale, mendarat di Lanud SIM, kemarin Sabtu (18/5) kemarin.

Hal ini terjadi dikarenakan di sekitar kapal induk Charles De Gaule yang menjadi base pesawat dan berada di 100 Nm barat Sumatera diselimuti cuaca buruk.

Tinggalkan Balasan