17 April 2019 Libur Nasional, Perusahaan Wajib Liburkan Pegawai

0
47

Jakarta NAWACITA – Pemilu 2019 memilih calon Presiden 2019 yang serentak dengan pemilihan calon anggota legislatif dilaksanakan pada Rabu 17 April 2019. Dihari tersebut, pemerintah RI meliburkan seluruh masyarakat, agar mereka dapat ke TPS (tempat pemungutan suara) di wilayah masing-masing.

Kepada seluruh perusahaan-perusahaan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menekankan wajib meliburkan pegawainya pada 17 April 2019, untuk memberikan waktu kepada pegawai menggunakan pilih dalam pemilu serentak 2019.

“Libur itu untuk menggunakan hak pilih. Negara ingin memastikan bahwa setiap pemilih bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik, maka diliburkan,” kata Komisioner KPU RI Viryan Azis di Jakarta, Senin (15/4).

Viryan mengatakan penetapan libur itu bukan untuk untuk berwisata, melainkan spesifik diberikan agar masyarakat terjamin dapat menggunakan hak pilihnya.

Ia menegaskan, jika masih ada perusahaan yang tidak meliburkan pegawainya dapat dikenakan sanksi pidana.

“Itu bisa sanksi pidana. ‘Nggak’ boleh menghalang-halangi hak pilih orang. Tapi sebagian besar insha Allah tertib,” nilai Viryan.

Penetapan hari libur nasional dalam rangka Pemilihan Umum Tahun 2019 dilaksanakan guna memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada warga negara Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya.

Tanggal 17 April 2019 ditetapkan pemerintah sebagai libur nasional ditandai dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2019 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 Sebagai Hari Libur Nasional yang resmi ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 8 April 2019.

Keputusan tersebut diambil berdasarkan ketentuan Pasal 167 ayat (3) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, bahwa pemungutan suara dilaksanakan secara serentak pada hari libur atau hari yang diliburkan secara nasional.

Tinggalkan Balasan