159.000 Tenaga Honorer Dipastikan Ikut CPPPK

0
30

Jakarta NAWACITA – Sebanyak 159.000 orang tenaga honorer K2 dipastikan bakal mengikuti tes Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK). Jumlah tersebut sudah dialokasikan Pemerintah. Tes CPPPK itu akan dimulai pada Februari tahun ini.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya sudah berkordinasi dengan beberapa kementerian lain, seperti Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemepan RB) dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

“Kemarin sudah rapat di Kemenko PMK, juga sudah koordinasi dengan Kemenpan dan BKN. Ini sudah proses, mudah-mudahan awal Februari sudah ada tes CPPPK,” kata Muhadjir di Jakarta, Jumat (11/1).

Ia menjelaskan, tes tersebut akan dilakukan secara tertutup dan pemanggilan didasarkan nama dan alamat K2. Hal tersebut diakuinya sesuai dengan kesepakatan antara pemerintah dan Komisi X.

“Sebenarnya kalau kita sudah mematok 159.000 itu ya artinya. Kalau seandainya lulus semua, ya segitu,” ujarnya.

Untuk itu, dia mengharapkan sekolah-sekolah tidak lagi merekrut guru honorer sehingga persoalan adanya guru honorer tidak lagi mencuat nantinya.

Muhadjir menambahkan, ke depan, pemerintah akan membangun sistem rekrutmen guru yang sistemik dan mengikuti standar kualifikasi yang benar.

“Kalau sekolah terus-terusan mengangkat honorer, kapan kita selesai?” ujarnya.

Tinggalkan Balasan